4D/3N KELIMUTU – PULAU RII TAA

Harga : Rp 7.224.000/Orang (Untuk 2 Orang)

Harga sudah termasuk:
- Makan dan Minum dan snack selama tour
- Penginapan di Hotel dan di Kampung Kawa
- Transpotasi selama tour berlangsung
- Boat ke Pulau Rii Taa
- Pemandu wisata atau guide
- Biaya masuk Obyek Wisata

Harga tidak termasuk  :
- Tiket Pesawat
- Kebutuhan telepon
- Kebutuhan pribadi lainnya

DAY 1 : MAUMERE – MONI

Tiba di Bandara Frans Seda, guide kami akan menjemput anda dan diantar menuju ke Moni. Tiba di Moni kita menuju ke hotel untuk menginap dan makan malam.

 

DAY 2 : MONI – KELIMUTU – ENDE – KAMPUNG TRADISIONAL KAWA

Pagi hari jam 04.00, guide akan menjemput anda dengan menggunakan kendaraan mengatar anda menuju ke Danau Kelimutu. Tiba di parkiran anda akan turun dan jalan kaki kira-kira 30 menit dari parkiran. Sampai di puncak danau kelimutu anda menikmati dan menyaksikan keindahan panorama alam danau tiga warna Kelimutu yang sangat spekatkuler dan memukau. Danau Keimutu dihasilkan oleh letusan gunung api Kelimutu yang terjadi beberapa tahun silam. Sekitar 1 jam kita menghabiskan waktu menikmati pemandangan di Danau Kelimutu, kita kembali ke Moni untuk sarapan pagi, dan melanjutkan perjalanan kita menuju Ende. Tiba di Ende kita akan makan siang. Setelah makan siang, kira-kira 3 jam perjalanan melewati jalan yang berliku dengan pemandangan lautan dan daratan menuju Desa Labolewa-Mbay, yang merupakan pintu gerbang menuju Kampung Adat Kawa. Tiba di Desa Labolewa, guide akan mengajak anda dengan berjalan kaki menuju kampung Kawa. Perjalanan akan memakan waktu 2,5 – 3 jam dengan melewati hutan dengan aneka pepohonan yang hidup seperti di alam liar. Dalam perjalanan ke kampung Kawa, anda juga akan singgah di sebuat tempat yang berada 2 Km dari Kantor Desa Labolewa, yaitu sebuah batu Alam, dalam bahasa setempat menyebutnya “Watu Gong” karena batu ini ketika dipukul akan berbunyi seperti gong dengan nada yang berfariasi. Selain aneka pepohonan anda juga akan menemukan binatang seperti kerbau, sapi dan kuda yang dibiarkan berkeliaran di alam. Tiba di Kampung Kawa anda akan disambut oleh penduduk setempat melalui kepala suku dengan melakukan ritual adat, pertanda anda sebagai tamu yang baru pertama masuk di kampung Kawa. Di kampung ini kita akan bermalam di rumah penduduk yang sangat sederhana, tidak ada kamar, tetapi ruangan terbuka yang merupakan model rumah adat di kampung ini, ditemani suara burung-burung yang di beberapa tempat tidak ditemukan, bahkan sudah punah. Anda juga berkesempatan memasak makan malam bersama tuan rumah dengan menggunakan peralatan masak yang sangat tradisional, dan kita akan makan malam bersama pemilik rumah. Kampung yang berjumlah 13 rumah ini dominan warganya bermata pencaharian sebagai petani dan memelihara ternak. Berada di kampung ini, anda dijauhkan dari hiruk pikuk perkotaan dengan kebiasaan warga setempat seperti berkebun, memelihara ternak dan lainnya.

 

DAY 3 : KAMPUNG TRADISIONAL KAWA – PULAU RII TAA – MBAY

Bangun pagi kita kembali menikmati pemandangan bukit Amegelu dengan ditemani bunyi suara burung-burung dan juga beberapa hewan yang dibiarkan berada di sekitar kampung Kawa. Kembali lagi kita bersama pemilik rumah sama-sama makan pagi dan bersiap-siap jalan kaki kembali ke Kampung Labolewa dan melanjutkan perjalanan ke Mbay. Bangun pagi kita kembali menikmati pemandangan bukit Amegelu dengan ditemani bunyi suara burung-burung dan juga beberapa hewan yang dibiarkan berada di sekitar kampung Kawa. Benar-benar sebuah suasana yang sangat jauh berbeda dengan keramaian kota. Kembali lagi kita bersama pemilik rumah sama-sama makan pagi. Setelah makan pagi, kita lanjut dengan berjalan kaki kembali ke Desa Labolewa, dan dengan menggunakan kendaraan kita melanjutkan perjalanan ke Mbay. Kita akan terlebih dahulu singgah di Boanio untuk mengunjungi kelompok tenun ikat. Tiba di Mbay kita mengunjungi Gua Jepang tempat persembunyian tentara Jepang pada masa Perang Dunia ke 2. Setelah mengunjungi Gua Jepang, makan siang dan dilanjutkan ke Pelabuhan Nangadhero, dengan menggunakan perahu motor menuju Pulau Ri’i Ta’a. Di Pulau yang berpasir putih ini kita menghabiskan waktu 2 jam. Kita kembali ke Mbay untuk penginapan dan makan malam.

 

DAY 4 : MBAY – SOA – OUT

Setelah makan pagi, melanjutkan perjalanan ke So’a untuk melakjutkan penerbangan ke tujuan selanjutnya.